Do You Know, Websites

Beberapa Konsep Penting di Drupal

drupalNode.
Node adalah satuan konten yang terdapat dalam Drupal. Sebuah node dapat merupakan blog, topik forum, berita, halaman statis, gambar, video, audio, maupun Flash. Kumpulan node inilah yang membentuk keseluruhan konten dalam sebuah website berbasis Drupal.

Field.
Konten di Drupal adalah terdiri dari berbagai bidang / field. *Field judul node, bagian body node. *Anda dapat menggunakan field dalam Drupal untuk membangun semua jenis konten yang bisa Anda pikirkan. Misalnya, Pertandingan. *Jika Anda berpikir tentang sebuah Even, biasanya berisi Judul, Deskripsi (atau body), tanggal mulai, waktu mulai, durasi, lokasi, dan mungkin link untuk mendaftar acara tersebut.

Setiap elemen merupakan sebuah field. *Drupal memiliki kemampuan untuk menciptakan jenis konten menggunakan field, baik melalui pemrograman dengan menciptakan modul, atau melalui antarmuka administratif Drupal dengan menciptakan jenis konten baru dan membuat field-field melalui antarmuka pengguna. Field API (di Drupal 7) atau CCK (Drupal 4.7, 5, 6) membuat sangat mudah dan sederhana untuk membangun jenis konten yang kompleks dengan pemrograman yang sangat sedikit bahkan tidak perlu.

Taxonomy.
Node yang begitu banyak perlu dikategorikan sesuai topik masing-masing. Dalam Drupal terdapat modul Taxonomy yang digunakan untuk mengkategorisasikan konten. Nama Taxonomy diambil dari ilmu klasifikasi. Dengan demikian setiap satuan konten atau yang biasa disebut Term bisa disebutkan apakah berkategori Politik, Ekonomi, Sains, atau Agama. Cara mengklasifikasikan konten sepenuhnya diserahkan kepada pengguna yang punya hak untuk mengatur Taksonomi. Modul-modul lain juga menggunakan modul Taxonomy untuk mengklasifikasikan konten tertentu, seperti misalnya Forum dan Image Gallery.

Module.
Website Drupal dapat ditambah dengan modul-modul tertentu sesuai keperluan. Modul adalah satuan program yang ditulis dalam PHP yang jika diaktifkan akan menambah fungsi tertentu. Misalnya modul Organic Groups untuk memberi fungsi group/mailing list seperti layaknya Google Groups ataupun Yahoo Groups.* Modul Images untuk mengijinkan user mengupload gambar sebagai node.

Theme.
Theme adalah penampakan luar dari sebuah website Drupal. Sistem theme akan mengatur bagaimana website ditampilkan, layout halaman, penempatan block, style, dan sebagainya. Theme dapat diubah-ubah dengan memilih theme yang tersedia dalam direktori /themes maupun /sites/all/themes.

User.
Konsep pengguna pada Drupal adalah unik. Pada website* sederhana biasanya hanya dikelola dan dapat diperbarui oleh administrator tunggal yang terpisah system-nya. Dengan konsep situs* komunitas di Drupal, Anda akan dapat mengatur Drupal untuk memungkinkan semua individu yang menggunakan situs ini untuk mendaftar situs tersebut dan membuat akun pengguna mereka sendiri dan melakukan pembagian wewenang pengelolaan mereka secara terintegrasi.

Block.
Block pada dasarnya adalah sebuah wadah atau ruang yang berdiri sendiri yang dapat digunakan untuk ditempati bagian apa saja yang dapat Anda pikirkan dari sebuah website. Misalnya adalah blok berisi form login, kotak berisi baris judul dari artikel terbaru dan sebagainya. Dalam bahasa umum CMS lain mungkin bisa disebut Block adalah Widget.

Menu.
Sistem menu dalam drupal adalah sistem penanganan request melalui URL. Jika Clean URL tidak diaktifkan, maka setiap query string yang berbentuk ?q= akan ditangani oleh sistem menu.

Comment.
Comment merupakan tanggapan terhadap sebuah node yang dituliskan oleh user (Komentar).

Hook.
User tidak pernah menyadari keberadaan konsep ini dalam Drupal, kecuali mereka adalah developer. Hook adalah metode yang digunakan Drupal agar setiap modul dapat menambahkan fungsi tertentu, dengan cara mengaitkan fungsi tertentu tersebut pada hook yang dimiliki sistem Drupal. Sebagai contoh, setiap modul dapat menambah menu baru dengan cara mendefinisikan fungsi modul_menu, yang akan menjamin Drupal tidak lupa memperhitungkan keberadaan menu tersebut ketika diperlukan. Meskipun menurut beberapa pengembang Drupal dibilang cukup sulit untuk pengguna baru, namun dengan berbagai keunggulannya, Drupal merupakan salah satu CMS terbaik. Bahkan, Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun, dengan fleksibilitas dan API (Application Programming Interface)-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai kerangka* / framework dalam membangun aplikasi berbasis web.

http://drupalcampindonesia.com

I Kadek Wirya Mikrotik,Websites,Cpanel,Domain Name