Zoho adalah “kantor online”. Segala urusan kantor bisa dikerjakan secara online dengannya. Selain aplikasi kantoran standar (pengolah kata, pembuat spreadsheet, dan pembuat presentasi), ada pula aneka pendukung pekerjaan secara mobile seperti pencatat jadwal sampai solusi manajemen bisnis.

Fasilitas pengolah katanya lumayan komplet, layaknya Microsoft Office atau OpenOffice. Setelah mendaftar atau login (yang bisa dilakukan dengan akun Yahoo! dan Gmail), Anda langsung bisa mengetikkan teks. Dokumen pekerjaan yang Anda buat bisa langsung dibagikan kepada teman kerja hanya dengan mengeklik tombol “Share”.

Meng-upload teks ke blog pun mudah, karena ada pilihannya, yaitu tombol “Post to Blog”. Jika ingin membuat teks menjadi file dokumen, Anda tinggal mengeklik tombol “Export” lalu memilih format yang diinginkan: PDF, DOC, RTF, atau HTML. Manfaatkan aplikasi pembuat presentasi dan spreadsheet-nya: Zoho Show dan Zoho Sheet. Zoho Show dilengkapi dengan beragam template siap pakai, sehingga memudahkan. Anda bisa mengolah kembali file presentasi yang dibuat dengan Microsoft PowerPoint (berformat .ppt) atau OpenOffice Presentation (berekstensi .sxi) dengan Zoho Show. Anda bisa menampilkan foto-foto koleksi dari galeri online di Flickr.com langsung ke layar presentasi. Pada Zoho Sheet, ada sekitar 300 fungsi spreadsheet yang bisa Anda gunakan baik yang dibuat langsung maupun yang didapat dari hasil impor Microsoft Excel.

Anda juga tidak perlu repot menyusun dokumen. Anda bisa memanfaatkan template dokumen yang banyak disediakan Zoho, mulai dari template CV, surat lamaran, booklet, sampai pidato. Praktis. Agar urusan kantor gampang dikelola secara jarak jauh, jangan lupa untuk memanfaatkan Zoho Planner. Anda bisa membuat daftar rencana pekerjaan yang kemudian bisa diakses secara online dari mana pun.

Sumber INFOKOM

Website www.zoho.com Alternatif Google Docs (docs.google.com)

ThinkFree (www.thinkfree.com)

Ajax13 (www.ajax13.com)