Microsoft Windows 3.x, sistem operasi yang diluncurkan pertama kali pada bulan Mei 1990 terebut ternyata selama ini masih bisa dibeli lisensinya. Tetapi menurut berita yang dirilis BBC, mulai 1 November ini pengguna yang ingin membeli lisensinya sudah tidak dilayani.

Windows 3.0 merupakan sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) atau berantarmuka grafis pertama yang sukses di pasaran. Sejak peluncurannya 18 tahun lalu, sistem operasi tersebut mengalami sejumlah perbaikan seperti penambahan fitur jaringan di Windows for Workgroups 3.11, dan Windows 3.2 yang dilengkapi dengan dukungan bahasa Simplified Chinese.

Layanan teknis untuk Windows 3.x series tersebut sendiri sudah berakhir di tahun 2001. Meski begitu, banyak pihak masih menggunakan sistem operasi tersebut sebagai sistem operasi yang terintegrasi langsung di perangkat yang digunakan. Contohnya seperti pada mesin ATM, mesin pencetak tiket, dan cash register di supermarket-supermarket.Komputer terintegrasi yang menggunakan Windows 3.x bahkan masih digunakan di fasilitas inflight entertainment pada pesawat-pesawat versi awal dari Boeing 747 yang masih banyak diterbangkan. Menurut pantauan BBC, contoh maskapai yang masih memanfaatkan pesawat tersebut beserta sistem operasi Windows 3.x adalah Virgin dan Qantas airways.

Masih maraknya penggunaan sistem operasi tersebut disinyalir karena kebutuhan hardware-nya yang sangat rendah. Prosesor 8086 atau 8088 dengan kecepatan 10MHz ke atas, RAM sebesar 640KB, harddisk sebesar 7MB dan grafis sekelas CGA, EGA, atau VGA sudah bisa menjalankannya.

VIVAnews