Dikutip detikINET dari LifeHacker, Minggu (26/10/2008), berikut adalah lima piranti lunak kompresi file yang bisa jadi pilihan bagi pengguna komputer:

1. 7-Zip

7-Zip adalah piranti lunak yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dan dikembangkan secara Open Source. Perangkat yang tampilannya sangat sederhana ini memberikan banyak kemampuan kompresi dan dekompresi (ekstraksi) file. Tampilannya yang terlalu sederhana mungkin membuat orang tak suka, tapi di sisi lain banyak juga yang meminati pendekatan tanpa basa-basi itu.

Sistem Operasi: Windows dan Linux
Harga: Gratis; Open Source
Download di: 7-Zip.org (http://www.7-zip.org/)

2. IZArc

IZArc disebut-sebut sebagai piranti lunak kompresi file yang mendukung paling banyak format arsip. IZArc (baca: i zi ark) juga menarik karena memiliki versi portabel, cukup disimpan dalam Flashdisk dan jalankan tanpa harus melakukan instalasi. Piranti gratisan ini tidak Open Source dan menerima dengan senang hati sumbangan dari penggunanya.

Sistem Operasi: Windows
Harga: Gratis
Download di: IZArc.org (http://www.izarc.org/)

3. WinRAR

WinRAR adalah piranti lunak kompresi yang cukup populer, selain WinZIP tentunya. Sudah ada sejak 1993 dan merupakan hasil pencarian pertama di Google untuk RAR, LifeHacker menyebut WinRAR sebagai pilihan pertama bagi kebanyakan pengguna. Hanya saja piranti lunak ini harus dibayar (USD 29) untuk lisensinya. Kalau tak mau bayar, WinRAR tetap bisa dipakai tapi layar yang ‘mengganggu’ akan muncul setiap digunakan.

Sistem Operasi: Windows
Harga: Shareware
Download di: RARLab.com (http://www.rarlab.com/)

4. PeaZip

Mungkin setara dengan 7-Zip, perbedaan utama keduanya hanya PeaZip memiliki tampilan yang lebih menarik, mulai dari jendela utama aplikasinya hingga ikon yang digunakan untuk file yang terasosiasi dengan aplikasi ini. PeaZip juga tersedia dalam bentuk portabel sehingga bisa dibawa-bawa manakala membutuhkannya.

Sistem Operasi: Windows dan Linux
Harga: Gratis; Open Source
Download di: PeaZip SourcForge.net (http://peazip.sourceforge.net/)

5. The Unarchiver

Bagi pengguna Mac OS X, piranti kompresi yang tersedia secara default mungkin sudah cukup. Piranti bernama The Unarchiver itu gratis (terbundel dalam Mac OS X) dan bisa menangani banyak format arsip –tidak seperti Windows yang secara default hanya mampu menangani formata ZIP. Namun The Unarchiver hanya bersifat sebagai pembuka file, untuk membuat file kompresi dengan format non-ZIP pengguna Mac OS X perlu menggunakan piranti lunak lain.

Sistem Operasi: Mac OS X
Harga: Gratis
Download di: (tersedia bersama Mac OS X)

Anda punya piranti lunak kompresi favorit yang tak tampil di sini? Sampaikan dalam komentar. Sampaikan juga jika Anda punya ide untuk piranti lunak dalam kolom ‘Freeware & Download’ berikutnya.

Sumber:DetikInet