Wire and Wireless Network

Tahun Depan, Bebas Pilih Nama Domain Internet

Seiring makin banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia, pengaturan nama domain akan diperlonggar. Mulai tahun mungkin muncul ratusan atau bahkan ribuan nama domain baru selain .com, .net, .org, dan nama-nama domain yang sudah ada saat ini.

Sebab, organisasi yang mengelola domain Internet dunia, The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) telah menyetujui penamaan baru yang lebih longgar. ICANN memutuskan untuk memberi kebebasan menggunakan kombinasi dari 64 karakter sebagai nama domain. Selain itu, ICANN juga memutuskan untuk membebaskan penggunaan karakter non-Latin, seperti huruf Mandarin, Rusia, atau Israel.

Panduan baru tersebut memungkinkan pemilihan domain baru lebih fleksibel dan mudah. Misalnya, bisa menggunakan .nyc untuk New York atau bahkan .berlin untuk Kota Berlin. Mungkin juga .bank untuk nama bank. Bahkan memungkinkan untuk menggunakan nama domain yang sangat pribadi seperti intel.inside kalau berminat.

Namun, nama-nama domain baru akan dirilis mulai tahun depan. ICANN masih harus menentukan biaya registrasi masing-masing nama domain. Targetnya memperoleh 100.000 dollar AS untuk setiap domain baru sehingga dapat menutup biaya operasional tahunannya yang mencapai 20 juta dollar AS. Implementasi baru dapat dilakukan setelah dewan anggota ICANN menyetujuinya pada awal 2009. Domain-domain baru diprediksi akan keluar mulai pertengahan 2009.

Keputusan tersebut diambil The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), organisasi yang mengelola seluruh nama domain Internet pada pertemuannya di Paris, Prancis, yang berakhir Kamis (26/6) lalu.

Kompas