Pernahkah anda perhatikan ponsel yang ada dalam genggaman anda, kira-kira ada berapa ringtone di dalamnya? Pastinya lebih dari satu bukan? Karena memang kecenderungan pengguna sangat suka menggonta-ganti ringtone ponselnya sesuai dengan suasana hati atau mengikuti tren lagu baru yang muncul.

Pengaturan yang biasa dilakukan yaitu dengan memilih salah satu ringtone pada menu ‘profile’, kemudian diaktifkan sebagai ringtone ketika menerima panggilan atau pesan SMS yang masuk. Dan untuk mengubahnya harus kembali melakukan pengaturan dan memilih satu lagu atau nada ringtone terbaru yan sedang disukai kemudian diaktifkan kembali. Bagaimana jika kita sedang menyukai beberapa ringtone sekaligus, apakah mungkin memasukkannya sebagai nada dering secara sekaligus? Jawabannya bisa!

Pada edisi kali ini, Tabloid Roaming akan memberitahukan cara untuk mengaktifkan beberapa ringtone sebagai nada dering yang secara otomatis akan berganti-ganti sesuai dengan jumlah ringtone yang anda pilih tanpa harus berulang kali metakukan pengaturan pada menu profile.

Cara ini membutuhkan aptikasi yang bernama Random Ringtone yang mampu menciptakan daftar berbagi ringtone menjadi satu format file yang dapat diaplikasikan sebagai ringtone. File tersebut akan memutarkan ringtone secara acak dan bergantian sesuai dengan daftar ringtone yang anda masukkan ketika menerima panggilan.

Caranya sebagai berikut:

  • Pertama-tama yang anda butuhkan yaitu aplikasi yang bernama “RandomRingtone”. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaru hash karya smartphoneware (www.handango.com / www.smartphoneware.com). Download kemudian instal ke dalam ponsel (proses instalasi sama seperti aplikasi file sis lainnya).
  • Setelah terinstal kemudian buka aplikasi RandomRingtone pada tampilan menu.
  • Langkah yang harus anda lakukan berikutnya yaitu membuat file yang berisi beberapa ringtone yang sedang anda sukai, pilih ‘option’, ‘add’ kemudian ketik nama file sesuai keinginan anda misalnya “Roaming”. Kemudian OK.
  • Dalam file Roaming tersebut anda harus memasukkan beberapa ringtone yang ingin anda putarkan, pilih option, add. Kemudian gerakkan tombol navigator untuk memitih nada ringtone yang diinginkan, kemudian tekan select. Lakukan berulang untuk berbagai ringtone yang anda inginkan. Setelah selesai tekan ‘done’.
  • Kemudian exit dari aplikasi jika semua pengaturan telah selesai. Maka akan terciptalah sebuah nada dering baru yang bernama “Roaming” yang berisi berbagai file ringtone yang anda pilih tadi.
  • Untuk mengaktifkannya masuk ke menu profile, personalise. Selanjutnya pilih ringtone sesuai dengan nama yang tadi anda buat, misalnya Roaming. Dalam format file .rrg
  • Aktifkan profile dan nikmati beragam ringtone yang akan diputarkan secara bergantian ketika ada panggilan masuk. Selamat mencoba.

Perangkat yang kompatibel antara lain yaitu:
Nokia 6260, Nokia 7610, Nokia 6620, Nokia 6600, Nokia 3230, Nokia 6670, Nokia 6630, Nokia 6680, Nokia N70

Sumber: tabloid roaming

Responses

Comments are closed.