Anda sudah memiliki portable drive? Jika sudah, bersiaplah untuk terkagum-kagum dengan kemampuan ajaib yang dimiliki portable drive yang biasanya hanya berukuran sebesar ibu jari ini.

Jika ditanya oleh teman Anda mengenai perangkat komputer apa yang saat ini sedang tren di Indonesia dan banyak dibicarakan orang, sudah pasti Anda akan menjawabnya: portable drive. Dalam masyarakat luas, portable drive lebih dikenal dengan nama flash drive atau USB flash drive.

Pengganti Floppy Disk
Setelah era floppy disk 5.25” berakhir pada pertengahan tahun 1990-an, tampaknya dengan semakin majunya teknologi komputer pada saat ini, kini giliran floppy disk 3.5” yang akan segera ditinggalkan oleh para pengguna komputer. Hal tersebut dikarenakan kapasitasnya yang hanya 1.44 MB sudah tidak mencukupi lagi untuk menyimpan data pekerjaan yang saat ini semakin rakus akan ruang.

Selain permasalahan kapasitas, hal lain yang merupakan kekurangan mendasar dari floppy disk adalah masalah keamanan data (security) yang sangat diperlukan oleh pengguna saat ini. Belum lagi bila dihadapkan pada permasalahan “jamur” yang sering menyerang media pada sebuah floppy disk sehingga menyebabkan kerusakan permanent pada floppy disk tersebut dan tidak bisa digunakan lagi.

Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka para pengguna saat ini lebih memilih alat yang lebih praktis dan aman untuk menggantikan tugas floppy disk sebagai
alat penyimpanan data penting. Alat tersebut adalah portable drive atau yang lebih dikenal dengan nama flash drive dan USB flash drive.

Pengguna memilih portable drive sebagai media penyimpanan pengganti floppy disk juga bukan tanpa alasan. Berbagai kelebihan yang ditawarkan alat ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Bayangkan saja, dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan antara 32 MB (minimal) sampai 16 GB (maksimal), Anda mempunyai cukup ruang untuk bisa menyimpan data penting ataupun file-file multimedia yang biasanya berukuran cukup besar.

Selain kapasitas, portable drive juga memiliki kecepatan transfer data sebesar 1.5 Mbit/s atau 12 Mbit/s untuk USB 1.0 dan 480 Mbit/s untuk USB 2.0. Kecepatan tersebut jauh melebihi kecepatan transfer data pada floppy disk 3.5” yang sangat lambat.

Aplikasi Portable Drive
Saat pertama diciptakan tahun 1998 oleh IBM yang bekerja sama dengan M-System, portable drive memang khusus digunakan sebagai pengganti floppy disk untuk menyimpan file-file data saja. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kebutuhan para pengguna komputer untuk mendapatkan sesuatu yang praktis untuk menunjang mereka dalam bekerja. Berdasarkan hal tersebut banyak software house di seluruh dunia dan para programer tunggal menciptakan aplikasi-aplikasi yang dikhususkan untuk digunakan dalam portable drive tersebut.

Saat ini banyak sekali aplikasi untuk portable drive yang tersebar di Internet, mulai dari aplikasi yang berbayar, shareware (time limited), freeware, sampai open source. Jika memiliki koneksi Internet yang cukup cepat, Anda pasti bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan mudah. Namun, bagimana bagi yang tidak mempunyai koneksi Internet atau mempunyai koneksi tetapi hanya sebatas dial-up saja? Jangan khawatir, untuk Anda pembaca setia PC Media, kami akan mengadirkan aplikasi-aplikasi freeware penting yang bisa digunakan untuk lebih memaksimalkan fungsi kerja dari portable drive yang Anda miliki.

Permasalahan Keamanan pada Portable Drive
Memang permasalahan kemanan pada portable drive ini menjadi isu penting yang merebak di dalam masyarakat. Sangat tidak lucu bukan ketika Anda membeli sebuah portable drive merk terkenal dengan kapasitas 1.0 GB dan seharga kurang lebih US$61 (sekitar Rp579.500) namun dalam waktu satu bulan alat tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi, hanya karena Anda salah dalam menginstal aplikasi keamanan (enkripsi) dalam portable drive tersebut.

Perlu diketahui, tidak semua aplikasi keamanan (enkripsi) yang disertakan pada CD bawaan dari sebuah portable drive itu bagus. Mungkin timbul pertanyaan, aplikasi enkripsi yang bagus itu seperti apa ya? Dan bagaimanakah saya bisa mendapatkan aplikasi tersebut tanpa menge luarkan uang lagi? Jawabannya singkat saja, Anda bisa mendapatkannya pada PC Media. Salah satu kategori yang akan kami hadirkan dalam “Cover Story” kali ini adalah aplikasi kemanan (enkripsi) data, yang tentunya sudah teruji kelayakan pakainya oleh tim redaksi PC Media.

Spesifikasi yang Diperlukan dan Cara Penggunaannya
Sangat umum sebenarnya spesifi kasi yang diperlukan oleh portable drive ini supaya bisa berjalan dengan sempurna. Pertama tentunya Anda membutuhkan motherboard atau PC yang sudah memiliki port USB didalamnya, karena memang port utama yang digunakan oleh portable drive adalah USB port.

Kedua untuk bisa melakukan booting langsung ketika komputer dinyalakan, pada BIOS motherboard Ada diharuskan memiliki fasilitas booting dari USB. Memang tidak semua motherboard mempunyai fasilitas tersebut. Jika motherboard Anda adalah salah satunya, Anda bisa melakukan flash BIOS atau update BIOS dengan versi yang terbaru supaya komputer bisa mengenali perangkat portable drive Anda dan bisa digunakan untuk melakukan booting dari perangkat tersebut. Yang ketiga tentunya aplikasi yang nantinya akan digunakan dalam portable drive tersebut.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, untuk memindahkan aplikasi-aplikasi freeware dan open source yang kami sertakan kali ini, tentunya Anda harus mempunyai OS Windows ataupun Linux terlebih dahulu. Kemudian cukup pindahkan aplikasi-aplikasi tersebut dari DVD/CD PC Media ke dalam portable drive yang Anda miliki.

Untuk jenis aplikasi OS atau aplikasi lain yang membutuhkan booting dari portable drive tersebut—setelah dipindahkan kemudian booting ulang PC Anda, masuk ke dalam menu BIOS dan ganti setting first boot device ke dalam USB drive (biasanya langsung terdeteksi jenis dari portable drive yang Anda pakai). Hal tersebut dilakukan jika Anda ingin menjalankan OS Windows ataupun Linux, tanpa perlu bantuan hard drive sedikitpun.

Untuk menjalankan aplikasi-aplikasi selain OS, cukup pindahkan aplikasi yang Anda inginkan ke dalam portable drive yang dimiliki kemudian jalankan aplikasi tersebut. Ada dua tipe aplikasi yang kami sertakan, tipe pertama adalah aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu ke dalam portable drive dan yang kedua adalah aplikasi yang tinggal dijalankan saja. Lebih praktis dan efi sien, bukan?

Dibagi Beberapa Kategori
Karena cukup banyak aplikasi yang kami sertakan kali ini, maka untuk memudahkan Anda dalam mencari aplikasi mana saja yang dibutuhkan, kami akan membaginya dalam beberapa kategori.

Kategori tersebut adalah portable OS (operating system), portable office, portable security, portable internet, portable multimedia dan portable tools. Semua aplikasi tersebut berstatus freeware ataupun open source yang berarti bisa digunakan dan distribusikan secara bebas.

Lebih nikmat lagi jika Anda ditemani dengan secangkir kopi dan sepiring pisang goreng di depan PC Anda, ditambah dengan majalah PC Media di sebelah monitor Anda untuk mencoba aplikasi-aplikasi tersebut. Meniru sedikit slogan dari iklan: Bikin Hidup Lebih Hidup!

Portable OS
Damn Small Linux (DSL) v2.2b
Diciptakan hanya untuk eksperimen saja. Namun, Damn Small Linux ini rupanya menggelitik komunitas open source untuk mengembangkan distro tersebut supaya menjadi salah satu distro Linux yang berukuran kecil, tapi memiliki aplikasi yang lengkap.

Anda bisa menggunakan aplikasi: Mozilla Firefox, Sylpheed Email Client, AxY GTK+FTP Client, SSH/SCP Server & Client, Office, Xpaint, XMMS, emelFM, Naim, Xpdf, VNCviewer, dan masih banyak lagi dalam DSL. Cukup jalankan file ISO-nya ke dalam portable drive 64 MB. Damn Small Linux sudah diap digunakan.

Puppy Linux 1.0.8r1
Kali pertama didistribusikan oleh Barry Kauler. Puppy Linux mampu membuat para penggunanya terkagum-kagum. Operating system dan aplikasi semuanya dijalankan dari RAM, sehingga menjadikan Puppy Linux sebuah operating system Linux yang cepat. Yang lebih ajaib lagi, Anda bisa mencopot portable drive yang dipergunakan sebagai media booting tadi dari PC Anda. Dan Anda sudah bisa menikmati aplikasi, seperti Mozilla Application Suite, AbiWird, Sodipodi, Gnumeric, OpenOffice.org, dan Gxine/xine. OS ini memerlukan portable drive sebesar 64 MB dan RAM 64 MB untuk berjalan secara normal.

SLAX KillBill Edition v5.0.6
Memang cukup besar kapasitas portable drive yang diperlukan oleh SLAX. Total besar paketnya adalah 188 MB sehingga jenis portable drive yang Anda perlukan adalah 256 MB. Meskipun begitu, dijamin Anda tidak akan kecewa menggunakan distro ini. Dengan mengusung X Windows KDE, tampilan window-nya akan lebih menarik dibandingkan distro yang lain.

Hampir semua aplikasi yang berbasis KDE diusung, seperti kdegraphics, kdemultimedia, kdepim, kdeutils, kdewebdev, dan koffi ce. Untuk booting menggunakan KDE Anda memerlukan RAM 144 MB.

Portable Office
EssentialPIM 1.71
PIM adalah singkatan dari Personal Information Manager. Aplikasi ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengatur atau memanage jadwal kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari.

Fitur-fitur seperti scheduling, contact info, dan versatile notes bisa Anda dapatkan di sini. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah meng-import data dari MS-Outlook ataupun Outlook Express ke dalam aplikasi ini. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk RTF, HTML, CSV, dan TXT. Algoritma keamanan data yang digunakan adalah AES (Advanced Encryption Standart), sehingga data penting Anda pasti aman dari tangan-tangan jahil. Aplikasi ini hanya akan menggunakan 2.6 MB dari portable drive Anda. Karena EssentialPIM berukuran sangat kecil, kecepatan dalam megeksekusi suatu perintah menjadi daya tarik tersendiri.

FoxitReader 1.3
Aplikasi PDF reader yang sa ngat luar biasa. Semua fitur yang ada dalam Adobe Acrobat Reader terdapat pada aplikasi ini. Dan sebagai nilai tambah untuk FoxitReader adalah kemampuannya mengetik dalam dokumen PDF yang sudah jadi kemudian menyimpan dokumen tersebut ke dalam fi le baru. Kemampuan seperti itu tidak dimiliki oleh PDF reader manapun, bahkan aplikasi sekelas Adobe Acrobat Reader.

FoxitReader terdiri dari satu file executable saja sebesar 2.6 MB dan bisa Anda jalankan langsung dari portable drive yang dimiliki.

IrfanView 3.98
Aplikasi ini adalah sejenis dengan ACDSee yang digunakan untuk file-file image dan grafis, seperti BMP, JPEG, GIFF, TIFF, PSD, EPS, PNG, PCX, dan sebagainya. Ukurannya yang hanya sebesar 884 KB dan berlisensi freeware menjadi nilai tambah aplikasi ini.

Untuk menggunakannya langsung jalankan fi le executable-nya saja. Dibanding dengan aplikasi sejenis yang lain, kecepatan IrfanView dalam membuka sebuah file image bisa diacungi jempol

Portable Abiword 2.4.2
Abiword adalah aplikasi pengganti MSWord dengan fungsi yang sama persis. Yang membedakan adalah Abiword berlisensi open source sehingga bebas untuk didistribusikan. Tipe document yang bisa dikenali Abiword, antara lain OpenOffi ce.org documents, Microsoft Word documents, WordPerfect documents, Rich Text Format documents, HTML web pages, dan lain se bagainya.

Fitur tambahan, seperti mail merge, plugins dan advanced document layout, serta terintegrasinya bermacam-macam bahasa termasuk bahasa Indonesia menjadi suatu kelebihan dan daya tarik tersendiri.

Portable OpenOffice 2.0.1
Mendengar nama OpenOffice tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kali ini OpenOffice merilis versi portable dengan besar 144 MB. Cukup besar memang, tapi kemampuan yang ditawarkan sama persis dengan versi standarnya. Semua kemampuan seperti word processor, spreadsheet, presentation tool, drawing package, dan database ada di dalam versi portable ini.

Cukup pindahkan folder OpenOffice dari CD/DVD PC Media ke dalam portable drive dan Anda sudah bisa menggunakannya.

Portable Sunbird 0.2 rev 4
Aplikasi ini hampir sama dengan EssentialPIM. Pengorganisasian calendar dan tasks lebih ditekankan pada aplikasi ini. Terlihat dari tidak disediakannya menu contacts info dalam aplikasi tersebut.

Sunbird bisa melakukan import maupun export data tasks schedule yang ada pada MS-Outlook. Kelebihannya terletak pada interface-nya yang cukup menarik, hal tersebut mempegaruhi ukuran dari aplikasi ini, yaitu 7.4 MB.

Portable Security
PCMAV Build 1.0.0 RC2
Tentu saja, aplikasi PCMAV bisa dimasukkan dalam kategori portable. Ukurannya yang hanya sebesar 440 Kb dan tidak perlu diinstal lagi membuat antivirus buatan lokal ini dijamin mampu membuat Anda berdecak kagum. PCMAV sebenarnya diciptakan untuk membasmi virus Brontok secara tuntas, namun dalam perkembangannya PCMAV juga bisa membasmi virus-virus lain baik yang menjangkiti portable drive maupun PC Anda. PCMAV juga akan selalu memberikan update database virusnya setiap kali PC Media terbit.

Truecrypt 4.1
Aplikasi ini memang layak digunakan sebagai pengamanan dalam portable drive Anda yang banyak berisi data penting. Aplikasi ini dalam mengenkripsi menggunakan algoritma AES-256, Blowfi sh (448-bit key), CAST5, Serpent, Triple DES, dan Twofi sh. Ditambah dengan dua level pengamanan yang disebut plausible deniability, level 1 yaitu dengan menggunakan hidden volume (steganography) dan level ke 2 volume portable drive yang sudah dienkripsi dengan truecrypt tidak akan bisa dikenali dengan cara apapun. Anda tidak perlu melakukan setting lagi karena truecrypt berjalan secara otomatis.

Remora USB Disk Guard V1.6
Aplikasi ini bekerja sebagai enkripsi file pada portable drive Anda. Kemampuannya untuk mengenkripsi fi le dan folder cukup bagus dengan menggunakan algoritma 128-bit enkripsi. Begitu juga dalam hal dekripsi, dalam melakukan hal tersebut aplikasi ini sama cepatnya ketika dia melakukan enkripsi.

Aplikasi ini bekerja pada Windows 2000/XP dan Server 2003. Remora USB Disk Guard ini harus diinstal pada portable drive Anda terlebih dahulu sebelum bisa dijalankan. Aplikasi ini memerlukan ruang pada portable drive Anda kurang lebih sekitar 5 MB.

Portable Internet
GreatNews 1.0
Jika Anda suka membaca koran untuk mengikuti berita-berita terbaru, pasti akan menyukai aplikasi ini. GreatNews adalah standalone intelegent RSS Reader, di mana ia bisa mene mukan berita-berita terkini yang ada di Internet. Baik berita tentang TI, ekonomi, dan lain-lain yang ada di seluruh dunia bisa didapatkan dengan mudah. Anda bisa mendapatkan berita yang diinginkan dengan melakukan search channel pada fi tur yang sudah disediakan. Ukurannya yang hanya sebesar 3.2 MB membuat aplikasi ini bisa Anda bawa ke mana-mana tanpa takut kehilangan berita penting yang ingin ditunjukkan kepada teman atau keluarga Anda di rumah.

Portable Filezilla 2.2.17
Filezilla adalah aplikasi untuk FTP client yang mempunyai banyak fitur yang membantu Anda dalam bekerja. Meskipun ukurannya kecil, yaitu hanya sebesar 3.3 MB tapi kemampuannya tetap bisa diandalkan. Filezilla menyertakan beberapa fasilitas, antara lain resume download dan upload, timeout detection, firewall, SOCKS4/5 dan HTTP1.1, SSL, SFTP, dan sebagainya.

Cara menggunakan fasilitas tersebut cukup dengan drag and drop. Namun ada beberapa fasilitas yang dihilangkan, yaitu automatic setting backup dan launcher program tidak bisa diletakkan di luar direktori program.

Portable Firefox 1.5
Web browser yang satu ini memang sudah menjadi saingan berat dari IE ataupun Opera. Apalagi ketika Mozilla mengeluarkan Firefox untuk portable tentu persaingan akan semakin hebat di antara ketiganya. Dengan ukuran yang lebih kecil dari versi regulernya, fitur-fitur seperti popup-blocking, tabbedbrowsing, integrated search, improved privacy feature, dan automatic updating masih tetap disertakan pada versi portable-nya. Karena ukurannya yang kecil hanya sekitar 6.3 MB, Anda bisa membawanya ke mana-mana bersama dengan bookmarks yang sudah Anda simpan pada aplikasi tersebut. Keuntungan
dari portable Firefox ini tidak perlu diinstal, tinggal klik dan jalankan saja aplikasinya.

Portable Gaim 1.5
Anda memerlukan sebuah instant messaging pada komputer Anda? Kami sarankan Anda memakai Portable Gaim. Selain berukuran kecil, aplikasi ini adalah multiprotocol instant messaging client yang berarti aplikasi ini tidak hanya bisa menangani satu protocol saja, melainkan banyak protocol. Berapa protocol yang mampu ditangani adalah AOL Instant Messenger, ICQ, MSN Messenger, dan Yahoo!. Anda bisa menjalankan semua protocol tersebut tanpa harus takut kehilangan setting-an dan buddy list dari tiap IM, karena portable gaim berjalan sepenuhnya pada portable drive Anda.

Portable NVU 1.0
NVU adalah aplikasi web editor yang sangat mudah digunakan sama seperti MS-Frontpage dan Dreamweaver. Aplikasi ini dibuat dengan engine Gecko, sama dengan engine yang dipakai oleh Firefox dan Thunderbird. Fitur-fitur yang terkandung didalam aplikasi ini, antara lain FTP site manager, color picker, tabbed interface, CSS editing, standard compliant markup, fully customizable interface, spellchecker, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini hanya berukuran 10.3 MB, pindahkan saja ke dalam portable drive Ada dan kemudian jalankan aplikasinya.

Portable Thunderbird 1.0.7
Aplikasi e-mail client ini sangat mudah digunakan. Selain aman, aplikasi ini juga cepat dalam melakukan download e-mail. Tidak ada fitur yang dihilangkan pada versi portable kali ini, sama persis dengan yang dimiliki oleh versi regulernya. Fitur-fitur seperti quick message search, customizable view, support IMAP/POP, RSS support, dan lain sebagainya masih tetap disertakan pada aplikasi ini. Nilai tambah dari portable thunderbird ini adalah komputer Anda tidak akan dipenuhi dengan e-mail, junk e-mail, personal information, atau address book lagi. Portable thunderbird ini akan bekerja secara penuh pada portable drive Anda.

Portable Multimedia
BonkEnc
BonkEnc adalah aplikasi yang digunakan untuk me-ripping CD dan meng-convert file-file audio ke dalam berbagai format. Aplikasi ini bisa mengubah file audio ke dalam bentuk MP3, MP4/M4A, Ogg Vorbis, AAC, dan Bonk. Selain itu, juga mendukung CDDB/freedb online CD database dan CD Text yang nantinya akan otomatis dimasukkan
ke dalam tags lagu. Ruang yang diperlukan dalam portable drive Anda hanya 4.7 MB. Cukup ramping untuk ukuran aplikasi encoder sehebat ini. Jalankan fi le executablenya dan nikmati kehebatan dari aplikasi ini.

Media Player Classic 6.4.8.7
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi player yang satu ini. Dengan bentuk yang portable dengan hanya membutuhkan satu buah file untuk menjalankannya, makin membuat player ini semakin digemari. Belum lagi kemampuannya untuk memutar video CD maupun DVD juga cukup bagus. Menumenu yang ada di dalamnya juga cukup mudah dimengerti dan digunakan, sehingga tidak menyulitkan bagi pengguna awam.

Nilai tambah dari aplikasi ini adalah ukurannya yang sangat kecil, yaitu 5.2 MB. Mudah dibawa ke mana-mana dengan menggunakan portable drive yang Anda miliki.

XMPlay 3.3
Bagi Anda pengguna Linux tentu sudah mengenal apa itu XMPlay, namun belum tentu bagi pengguna Windows. XMPlay adalah audio player yang sangat powerful untuk digunakan sehari-hari, sama seperti Winamp. XMPlay mampu memutar fi le multimedia yang berjenis OGG, MP3, MP2, MP1, WMA, WAV, dan CDA. Skin dari aplikasi ini bisa Anda dapatkan pada situs resminya. Ukurannya yang hanya sebesar 370 KB membuat aplikasi ini mudah dibawa ke mana-mana. Apalagi dengan ukuran dan kemampuannya seperti itu, bukan tidak mungkin Winamp akan mempunyai pesaing yang cukup berat.

Portable Tools
DeepBurner 1.7
DeepBurner adalah aplikasi pembakar CD dan DVD yang sangat powerful. Bisa digunakan untuk menyimpan data pada CD atau DVD, meng-copy disc to disc, membuat backup data, membuat CD album, membuat CD ISO ataupun membuat Video dengan DVD format. Selain itu, Anda dapat membuat label CD atau DVD sesuai selera. Anda bisa langsung menjalankan fi le executable-nya.

Bayangkan saja, dengan kemampuan dan kemudahan seperti itu ruang pada portable drive yang dibutuhkan hanyalah sebesar 7.2 MB. Sungguh mengagumkan, bukan?

PStart 2.06
Tools yang satu ini berguna untuk melakukan startup pada portable drive Anda, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencari aplikasi yang ingin dijalankan pada portable drive Anda. Lakukan setting terlebih dahulu aplikasi mana saja yang ingin Anda masukkan ke dalam aplikasi PStart ini, kemudian cabut portable drive dan tancapkan kembali portable drive Anda pada port USB yang ada dalam komputer Anda. Maka, otomatis aplikasi ini akan berjalan dengan sendirinya.

Aplikasi startup ini juga tidak memakan kapasitas dari portable drive Anda dengan rakus. Dengan ukuran hanya 600 KB, aplikasi ini memang layak Anda gunakan.

Restoration 2.5.14
Anda sering kesal karena secara tidak sengaja data penting di dalam portable drive Anda terhapus? Mungkin aplikasi ini bisa membantu Anda mengembalikan file-file tersebut dalam keadaan utuh. Meski pada README-nya menyebutkan bahwa aplikasi ini tidak menjamin 100% mampu menyelamatkan data Anda.

Namun setelah kami coba, hasil yang didapatkan cukup bagus dan file yang terhapus biasa kembali normal 100%. Selain digunakan untuk portable drive, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan hard drive dan compact flash kamera digital Anda untuk menyelamatkan file-file gambar yang sekiranya penting bagi Anda. (Staf)

http://scriptintermedia.com/view.php?id=379&jenis=ITKnowledge