Do You Know

CSS, Kosmetik yang Mempercantik Situs Anda

Ketika mendesain web, salah satu tugas seorang desainer adalah mempercantik tampilan situs dengan warna, jenis huruf, dan sebagainya. Biasanya, seorang desainer pemula cenderung mengerjakan unsur-unsur “pemanis” ini bersamaan dengan pembangunan desain. Misalnya, pada tag BODY ia langsung memasukkan unsur warna background. Ini memang pekerjaan yang simpel, namun akan membuat situs Anda kurang fleksibel dari segi penampilan. Bayangkan, bila suatu saat Anda memutuskan untuk mengganti warna background. Tentu Anda harus merevisi tag BODY pada setiap file HTML yang telah dibuat.

Untuk mengatasi masalah-masalah seperti itu, CSS adalah solusi yang sangat membantu. CSS (Cascading Style Sheets) adalah sebuah script yang berfungsi untuk menentukan bagaimana elemen-elemen HTML ditampilkan. Ia yang akan ditugaskan untuk menentukan jenis huruf, warna latar, warna tabel, dan sebagainya. Dengan demikian, CSS akan sangat menghemat tugas seorang desainer.

CSS biasanya ditulis di dalam file tersendiri, misalnya “style.css”. Lantas, di dalam halaman desain, Anda cukup membuat desain yang “bersih”, tanpa penambahan unsur-unsur seperti jenis dan ukuran huruf, warna latar, dan sebagainya. Anda cukup menempatkan sebuah kode di dalam tag HEAD. Fungsinya, untuk memanggil file CSS tadi. Ketika file desain (HTML) tersebut diakses lewat browser, maka file CSS akan menghiasi si desain dengan warna, jenis huruf, dan sebagainya.

Dengan cara kerja seperti itu, CSS akan sangat membantu pekerjaan seorang desainer. Jika suatu saat Anda hendak mengganti warna latar untuk semua file HTML misalnya, Anda cukup mengedit file “style.css”. Maka semua halaman akan berubah warnanya!

CSS juga bermanfaat bagi situs-situs komunitas yang memberikan keleluasaan bagi para pengunjung untuk mengganti warna situs mereka. Salah satu situs yang menerapkan sistem seperti ini adalah Friendster. Anda bisa memilih warna hijau, merah, coklat, kuning, dan sebagainya. Ini semua bisa terjadi karena adanya CSS.

Bagi Anda yang hendak belajar lebih lanjut mengenai CSS, salah satu sumbernya bisa dilihat di www.w3schools.com. Selamat mencoba! (jonru)

Sumber: CBN